RSS
Image

Berita Asuransi

25 Jan

PT Zurich Insurance Indonesia, salah satu perusahaan asuransi umum di Indonesia mencatatkan, pertumbuhan premi bruto (Gross Written Premium) di lini bisnis asuransi pengangkutan barang (marine cargo insurance) selama semester pertama 2012 sebesar Rp 32 miliar. Angka tersebut meningkat dari periode yang sama pada tahun lalu yang hanya sebesar Rp 25 miliar.

Hal tersebut disampaikan Presiden Direktur Zurich Insurance Indonesia Sancoyo Setiabudi di Jakarta, Kamis ( 30/8/2012 ). “Tumbuhnya perekonomian Indonesia pada tiga tahun terakhir juga terlihat pada pertumbuhan premi bisnis asuransi pengiriman barang, terutama di Zurich Indoensia,” paparnya.

Ia menjelaskan, ada tren pertumbuhan premi terus berlanjut dalam tiga tahun terakhir ini. Pada 2009 , premi GWP di lini bisnis tersebut tercatat Rp 19,1 miliar. Lalu ada kenaikan sebanyak Rp 6 miliar menjadi Rp 25 miliar pada tahun berikutnya. Kemudian, pada semester pertama 2012 GWP marine cargo insurance telah mencapai Rp 32 miliar atau naik dua kali lipat pada periode yang sama di 2011 . “Sampai akhir tahun nanti tetap dapat bertahan dua kali lipat dari tahun lalu. Kita cukup optimis capai itu,” ujarnya.

Sementaa itu, klaim yang dibayarkan Zurich Indonesia hingga semester pertama tahun ini mencatakan cadangan negatif sebesar Rp 5 miliar. “Bersifat negatif itu, misalnya hingga akhir tahun lalu klaim mencapai 100 tapi kita baru bayar 90 ke perusahaan. Jadi ada sisa cadangan klaim yang belum dibayarkan sebesar 10.” terangnya.

Ia menambahkan, dari sisi segemen, nasabah yang dilayani perusahaannya dalam lisnis bisnisnya merupakan segmen komersial. Sebagian besarnya adalah perusahaan-perusahaan berskala menengah dan korporasi besar lokal di Indonesia. Terutama, lanjutnya, yang bergerak di bidang hasil perkebunan, tambang, dan barang konsumsi.

“Bagi Zurich Indonesia, asuransi jasa pengangkutan barang berkontribusi sekitar dari 10 persen dari total GWP tahun 2011 . Namun perusahaan yakin bisa terus kembangkan lini bisnis ini ke depan,” ungkap Sancoyo.

Untuk diketahui, PT Zurich Insurance Indonesia merupakan bagian dari Zurich Insurance Group yang berpusa di Zurich, Swiss dan telah berdiri sejak 1872 . Perusahaan induknya tersebut terdaftar du bursa SIX Swiss Exchange dan dapat level I American Depositary Receipt program (ZFSVY) yang diperdagangkan di seluruh OTCQX.

Untuk di Indonesia, Zurich Insuranse Indonesia telah berdiri sejak 1991 sebagai asuransi umum patungan melayani nasabah individu, UKM, dan korporasi dengan memberi solusi asuransi umum yang dimilikinya.

“Lini utama asuransi kita ada tiga. Posisi pertama ada di properti, kedua kendaraa bermotor, dan terakhir baru marine cargo. untuk marine saya tidak tahu, tapi dari segi perusahaan, kita ada di posisi 20 dari sisi GWP nya,” ungkapnya.

 
Leave a comment

Posted by on January 25, 2013 in Insurance

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: