RSS

Pentingkah punya asuransi jiwa?

27 Jan

 

2383b83aac23b9528732c23cc7352950e8803baa271bc35fe054c86928f7016e8ae6

 

Pentingnya Asuransi Jiwa

Pentingkah punya asuransi jiwa? Masih ada orang-orang yang meragukan pentingnya memiliki asuransi, apalagi asuransi jiwa. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa didapat jika seseorang memiliki asuransi jiwa. Apa saja?

  • Meminimalisasi risiko yang tak diduga. Tak ada yang bisa mengantisipasi atau menduga terjadinya suatu kemalangan yang fatal. Dengan asuransi, perlindungan bisa didapat sehingga akan terasa meringankan.
  • Keluarga lebih terjamin. Jika terjadi sesuatu pada kepala keluarga, ada “dana cadangan” yang bisa digunakan untuk membantu keluarga.
  • Banyak hal yang bisa disiapkan. Pendidikan anak, pengeluaran keluarga bulanan, hingga berbagai kebutuhan yang sifatnya rutin, bisa terbantu dengan dana talangan yang sudah disiapkan dari skema asuransi jiwa.
  • Berbagai fasilitas memudahkan bisa didapatkan. Asuransi jiwa kini banyak digabung dengan berbagai perencanaan lain yang bisa membantu saat-saat sulit di masa depan.
  • Menenteramkan pikiran. Bagi yang menjadi kepala keluarga, adanya asuransi jiwa bisa membuat pikiran lebih tenteram karena akan ada dana cadangan bila terjadi sesuatu kelak. Dengan begitu, kerja bisa lebih tenang dan hasil pun lebih maksimal.

Pentingnya asuransi biasanya baru disadari saat sudah terjadi kemalangan dan membuat kita kesulitan apa lagi jika kita tidak punya cadangan dana. Karena itu, sebelum terlambat, segeralah sediakan diri untuk melindungi keluarga tercinta dengan asuransi jiwa….

Dalam hal ini   Manfaat Asuransi  bisa di asumsikan sebagai produk yang memberikan solusi keuangan yang berupa transfer resiko dari konsumen ke perusahaan penyedia sarana asuransi hal ini berbeda dengan tabungan yang fungsinya hanya sebatas menyimpan sebagai investasi di masa yang akan datang sedangkan asuransi berfungsi untuk mengganti dan melindung nasabah dari berbagai macam resiko yang bisa terjadi

Melalui asuransi seseorang bisa memindahkan berbagai macam resiko keuangan kepada perusahaan asuransi terkait dengan efektif tapi tentu saja pembeli asuransi tidak mengharapkan mengalami berbagai macam resiko dan situsai yang merugikan tapi dengan asuransi tersebut setidaknya bisa mengurangi beban atas masalah keuangan.

Untuk mengasuransikan sesuatau ada beberapa hal dan criteria yang harus di penuhi yang bisa di singkat dengan LURCH yang artinya:

L  = Loss :  yang berarti sesuatu  yang di asuransikan harus yang berkaitan dengan kemungkinan terjadinya kerusakan, kerugian atau kehilangan

U =  Unexpected : tidak bisa di pastikan resikonya bisa benar benar terjadi atau tidakBisa habis atupun rusak karena di pakai

R =  Reasonable : resiko yang dijaminkan masuk akal dan memiliki nilai yang wajar karena tidak mungkin kita mengasuransikan sebuah sendok yang harganya hanya Rp. 1000 tentu saja benda tersebut tidak memiliki nilai untuk di asuransikan karena biaya polis dan proses claim tentunya akan lebih mahal dari harga sendok itu sendiri.

C =  Catastrophic : supaya kita bisa mendapatkan   Manfaat Asuransi  sesuatu yang di asuransikan harus bersifat insurable, resiko tersebut haruslah memiliki tingkat resiko yang besar seperti mengasuransikan rumah yang tinggal di pesisir pantai yang beresiko tertjadinya gelombang tsunami, atau seorang pembalap yang memiliki resiko terjadinya cacat karena kecelakaan hingga menimbulkan kematian

H  =  Homogeneous : dalam hal ini berarti sama dalam sifat dan bentuk dengan arti kata apa yang kita asuransikan bernilai sama dengan biaya pertanggungan sebagai bahan pertimbangan apabila kerugian tersebut benar benar terjadi

Perusahaan asuransi berfungsi sebagai alat untuk mengelola berbagai macam resiko dan hal ini merupakan salah satu manfaat asuransi, asuransi biasanya memiliki ketetapan jangka waktu perlindungan yang bisa di sesuikan dengan kebutuhan, pada umumnya polis asuransi bersifat tahunan bahkan beberapa polis asuransi menetapkan jangka waktu yang lebih panjang  dan ada juga penyedia polis asuransi dengan jangka waktu yang lebih pendek seperti halnya asuransi perjalana ( travel insurance ) sesuaikanlah   Manfaat Asuransi  sesuai dengan kebutuhan

  Manfaat Asuransi  Terhadap Perkembangan Ekonomi Masyarakat

Manfaat Asuransi  bisa membantu perkembangan ekonomi suatu masyarakat asuransi bisa menjadi suatu alat yang sangat efisien untuk menggerakan perekonomian rakyat,melalui industry asuransi masyarakat bisa menukar suatu resiko dengan harga yang sebanding asuransi memiliki kontribusi yang sangat tinggi untuk perkembangan suatu perekonomian rakyat . manajement resiko merupakan suatu langkah yang harus di ambil untuk membangun suatu perekonomian karena hal tersebut menanamkan asas ganti rugi yang biasanya terjadi dalam dunia bisnis.

Semakin besar kesadaran masyarakat akan   Manfaat Asuransi  maka akan semakin meminimalisir resiko yang akan terjadi dalam dunia industry, dan mengurangi keterpurukan yang terjadi akibat resiko yang terjadi, menjadikan industry yang kuat dan bangun setelah terjatuh karena keterpurukan karena resiko yang terjadi, bukan hanya itu saja program asuransi mampu membantu pemerintah dalam hal pembangunan suatu daerah jika daerah tersebut hancur karena suatu bencana, seperti halnya Negara jepang yang cepat sekali bangkit setelah di terjang tsunami ini karena Negara tersebut memiliki kesadaran yang tinggi akan manfaat asuransi

Untuk menjalankan roda   Manfaat Asuransi  dan fungsi investasi, perusahaan asuransi akan membangun asset yang di terima dari nasabah yang jumlahnya ribuan bahkan jutaan sehingga dana tersebut akan lebih produktif dan pada saat bersamaan perusahaan asuransi memiliki kemampuan untuk membayar claim setiap nasabahnya pada saat nasabah tersebut mengalami resiko. Peranan perusahaan asuransi memberikan pelayanan tentang manajement resiko dan melakukan penilaian terhadap berbagai macam potensi kerusakan, kehilangan, kesehatan yang bisa saja terjadi baik yang terjadi secara individu maupun secara kelompok atau company.Hal ini menjadikan    Manfaat Asuransi  sebagai sarana untuk mengurangi kerugian yang di sebabkan oleh dampak resiko.

Dengan memahami akan begitu besarnya   Manfaat Asuransi  mudah mudahan kita semua bisa disadarkan akan betapa pentingnya manajemen resiko yang suatu saat menghampiri dan mengintai setiap manusia melalui asuransi kita sama sama berharap bisa menjadi suatu Negara yang memiliki kekuatan ekonomi yang tinggi, dan industry yang kuat yang mampu bangkit kembali setelah terjatuh .

coba kita pikirkan berapa besar biaya yang harus kita keluarkan jika seandainya kita mengalami kecelakaan yang mengharuskan kita untuk di rawat di rumah sakit tidak sedikit yang mengeluhkan akan besarnya biaya yang harus di tanggung karena di rawat di rumah sakit, dan bayangkan jika anda memiliki polis asuransi dan jika anda mengalami kecelakaan dan mengahruskan di rawat di rumah sakit dengan biaya yang sangat besar bahkan sampai ratusan juta kini anda tidak perlu dan tidak sampai menjual harta benda anda seperti rumah sawah ataupun mobil karena semuanya di tanggung oleh asuransi jiwa, dan bahkan jika sesuatu hal yang terburuk sekalipun hingga menimbulkan kematian setidaknya kita meninggalkan warisan untuk keluarga dan anak cucu kita tercinta bukankah itu sesuatu hal yang baik yang bisa kita lakukan dengan meninggalkan sesuatu yang baik dan bermanfaat untuk orang orang terkasih dan dengan seperti itu kita akan sama sama merasakan betapa besarnya akan Manfaat Asuransi Jiwa.

Sumber : Dari berbagai sumber

 
Leave a comment

Posted by on January 27, 2013 in Insurance

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: