RSS

15 Poin yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Renovasi Pada Kamar Mandi (Bagian 1)

29 Jan

 

Beberapa langkah perencanaan awal yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan renovasi pada kamar mandi.

Merenovasi kamar mandi pada rumah Anda mungkin adalah sesuatu yang menyenangkan, namun juga cukup melelahkan. Ada banyak hal penting yang perlu dipertimbangkan secara matang sebelum memulai renovasi. Mungkin, sebelumnya Anda telah mencari-cari informasi serta referensi mengenai bentuk dan desain kamar mandi yang nyaman dan juga stylish. Namun, sebelum Anda meniru berbagai macamreferensi model kamar mandi itu, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa langkah awal sebelum masuk ke proses pengerjaan.

Karena merenovasi kamar mandi mungkin membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit, disini akan ada 15 poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum memulai pengerjaan renovasi. 15 poin yang tersebut akan dihadirkan dalam dua edisi. Untuk Edisi saat ini, kami akan menampilkan 7 poin awal yang perlu Anda perhatikan.

 

Poin Pertama: Perencanaan anggaran dana yang matang

Memperkirakan seberapa besar dana yang harus Anda keluarkan menjadi poin pertama yang wajib ada pada daftar perencanaan Anda. Memperkirakan seberapa besar dana yang harus dikeluarkan dalam proses renovasi kamar mandi ini memungkinkan Anda menambah atau mengurangi sebagian hal yang harus direnovasi. Bila Anda merasa anggaran pengeluaran Anda tidak terlalu besar, mungkin Anda bisa menambah renovasi di beberapa sudut lain pada kamar mandi Anda.

Namun jika Anda merasa anggaran pengeluaran tersebut sudah melampaui budget yang Anda siapka untuk renovasi, tidak ada salahnya untuk mengurangi bagian-bagian pada kamar mandi yang harus direnovasi. Persiapkan anggran dana untuk tukang, ubin, material, dan peralatan lainnya.

Poin Kedua: Tentukan waktu pengerjaan yang tepat

Banyak orang beranggapan bahwa ketika mereka mendesain ulang kamar mandinya yang berukuran kecil, berarti waktu yang dilakukan untuk renovasi tidaklah terlalu lama. Padahal hal tersebut tidak selamanya benar. Waktu pengerjaan sangat tergantung pada seberapa besar perubahan dan desain ulang yang dilakukan pada kamar mandi tersebut. Merencanakan waktu pengerjaan tidak hanya berkaitan dengan menentukan lama pengerjaan renovasi, tapi juga tahapan-tahapan yang harus dilalui seperti pembelian material, perbaikan, serta penuntasan.

Merencanakan waktu pengerjaan sangat penting terutama bagi mereka yang hanya memiliki satu kamar mandi di rumah. Kita mungkin harus sedikit repot ketika harus mandi dan menggunakan toilet ketika kamar mandi sedang diperbaiki.

Poin ketiga: Merencakan urutan pengerjaan

Ketika merenovasi kamar mandi dilakukan dengan urutan pengerjaan yang telah direncanakan, ini bisa menghemat waktu Anda dengan tidak mengulangi kesalahan-kesalahan pemasangan dan mempermudah Anda membersihkan kamar mandi sehabis renovasi. Perbaikan model apapun yang Anda inginkan pada kamar mandi, selalu pastikan untuk mengawalinya dari atas ke bawah. Berikan fokus utama pada langit-langit, kemudian turun ke bagian dinding dan furnitur yang ada di kamar mandi, dan terakhir yakni bagian lantai. Dengan langkah ini, Anda bisa mengurangi kesalahan yang justru dapat merusak komponen-komponen yang baru saja terpasang.

Poin Keempat : Perhatikan bagian-bagian yang tersembunyi

Jika Anda ingin melakukan perombakan besar-besaran pada kamar mandi Anda, perhatikan bagian- bagian kecil pada kamar mandi Anda yang sering Anda gunakan namun jarang Anda perhatikan. Perhatikan apakah home appliances yang ada di kamar mandi tersebut seperti kran, lubang air, shower, atau bak mandi tersebut masih dalam kondisi yang baik dan layak pakai. Bila memang ada bagian yang sudah rapuh dan perlu diganti, sebaiknya sekalian saja diganti agar Anda tidak perlu melakukan perbaikan dua kali pada kamar mandi Anda.

Gambar Desain Interior Kamar Mandi Modern Yang Dilengkapai Bathroom Vanity

Poin Kelima: Memperhitungkan pemilihan model dan desain beserta fungsinya

Saat Anda berniat untuk merenovasi kamar mandi, mungkin fokus Anda lebih pada tampilan dan desain kamar mandi baru Anda. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemililhan model tertentu yang akan diterapkan pada kamar mandi Anda. Hal itu bisa berupa pemilihan warna cat dinding, pemilihan model ubin, shower, bathup, kran, cermin, atau rak kecil tempat meletakkan alat-alat mandi.

Sebelum mendesain kamar mandi Anda, Anda bisa memikirkan untuk menggabungkan seluruh elemen di atas untuk membentuk satu kesatuan desain yang apik. Namun jangan sampai melupakan hal yang paling penting yaitu memperhatikan fungsi dari benda-benda di atas agar sesuai dengan keinginan orang-orang akan menggunakan kamar mandi tersebut.

Poin Keenam: Membuat perhitungan luas, letak, serta besar barang-barang di kamar mandi

Ada 3 pertimbangan utama yang sangat berpengaruh ketika mengerjakan renovasi pada kamar mandi, yakni keseluruhan luas kamar mandi, lokasi pipa air dan saluran pembuangan, serta dimensi keruangan yang ada pada kamar mandi. Untuk itu, pastikan Anda membuat perhitungan letak dan luas kamar mandi Anda serta barang-barang apa saja yang dibutuhkan ketika melakukan renovasi. Pastikan ukuran barang-barang tersebut sesuai dengan dimensi kamar mandi Anda. Akan sangat mengecewakan dan sia-sia bila ternyata barang yang sudah Anda beli tidak sesuai ukuran.

Desain Kamar Mandi Semi Terbuka (Open Air Bathroom) Dengan Bathtub Berukuran Besar

Poin Ketujuh: Pertimbangkan untuk melibatkan kontraktor

Bila renovasi yang Anda lakukan pada kamar mandi Anda cukup besar, tidak ada salahnya untuk menyewa jasa kontraktor. Hal ini karena ada beberapa bagian pada kamar mandi yang sangat sulit dikerjakan bila tidak oleh ahlinya. Contohnya, ketika kita harus berurusan dengan masalah kelistrikan, pipa air, atau pemasangan ubin. Dengan menyewa kontraktor, Anda mungkin juga bisa mendapatkan gambaran rencana kerja yang lebih matang ketimbang Anda membuat sendiri. Namun yang pasti, Anda harus menyiapkan budget tambahan untuk membayar jasa kontraktor.

Sumber : http://architectaria.com

 
1 Comment

Posted by on January 29, 2013 in Interior

 

Tags:

One response to “15 Poin yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Renovasi Pada Kamar Mandi (Bagian 1)

  1. CitraGran Cibubur

    January 29, 2013 at 6:13 am

    Reblogged this on CitraGran Cibubur.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: