RSS
Image

Manfaat Mengurangi Konsumsi Daging

30 Jan

Berita Kesehatan

Daging hewan dikenal sebagai salah satu bahan makan yang sering digunakan orang. Daging semakin banyak dikreasikan menjadi sebuah makan lezat dengan rasa yang berbeda-berbeda. Namun semua orang juga tahu bahwa daging sebenarnya tidak demikian baik untuk kesehatan. Sejumlah penelitian menganjurkan daging hanya dikonsumsi satu kali dalam seminggu. Dengan jarang mengonsumsi daging, manusia akan mendapat manfaat yang maksimal, dari segi kesehartan maupun keuangan. Apa saja sebenarnya keuntungan mengurangi konsumsi daging? Sebuah media AS, RealSimple menyebut setidaknya ada tiga keuntungan. Berikut daftarnya:

Lebih Sehat. Makan hewani pada umumnya, apalagi daging merah diketahui menjadi salah satu sumber terbesar lemak jenuh. Orang-orang dianjurkan mengurangi konsumsi daging hingga hanya satu hari dalam seminggu sehingga nantinya, resiko kematian akibat sejumlah jenis kanker, beserta juga penyakit jantung, dapat dihindari.

Seorang Profesor asal AS, Marion Nestle menyebutkan konsumsi daging yang tidak berlebih bermafaat karena mereka tentu akan memilih mengkonsumsi sayuran, atau buah. Dengan demikian, porsi sayran atau buah yang lebih dalam tiap harinya akan dapat menurunan resiko penyakit jantung hingga empat persen, sementara resiko penyakit stroke akan berkurang sebesar enam persen.

Lebih Hemat. Kita semua tahu, karena seringnya daging digunakan sebagai bahan makanan lalu melambungkan harga daging. Dengan mengurangi konsumsi daging, tentu pengeluaran pun akan menjadi lebih hemat. Harga daging satu kilogram harga jelas jauh lebih mahal dibanding misalnya satu ikat sayuran kangkung, atau bayam. Dengan lebih banyak mengonsumsi sayuran makan kita akan lebih hemat.

Mengurangi gas rumah kaca. Nah lebih jauh dari manfaat secara langsung yang telah disebutkan, mengurangi konsumsi daging bermafaat bagi berkurangnya gas rumah kaca. Industri perternakan sebagai penghasil daging menumbang 20 persen gas rumah kaca yang beredar. Sehingga dengan mengurangi konsumsi daging, gas rumah kaca akan berkurang. Apalagi peternakan juga menggunakan 30 persen lahan bumi. Sementara itu, sayur-sayran atau bahan makan lain hampir tidak sedikitpun menyebabkan adanya gas rumah kaca.

Sumber : http://ruangkabar.com

 
Leave a comment

Posted by on January 30, 2013 in Kesehatan

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: